Software
MAKALAH
SOFTWARE DATABASE PENJUALAN
SOFTWARE DATABASE PENJUALAN
Disusun Oleh :
Adam Fradana
Apriandy Fahri
Muhammad Arsyad
Ismail Marzuki
Apriandy Fahri
Muhammad Arsyad
Ismail Marzuki
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
SISTEM KOMPUTER
2018
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
SISTEM KOMPUTER
2018
Kata Pengantar
Syukur Alhamdulillah senantiasa kami panjatkan kehadirat
Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah ini guna memenuhi tugas kelompok mata kuliah Softskill
Manajemen Proyek dan Resiko yang berjudul “Software Database Penjualan”.
Kami menyadarai bahwa dalam penulisan makalah ini tidak lepas
dari bantuan banyak pihak yang dengan tulus memberikan banyak saran dan kritik
sehingga sangat membantu kami untuk menyelesaikan makalah ini.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari
sempurna dan banyak kesalahan dikarenakan keterbatasan pengalaman yang kami
miliki. Oleh karena itu kami mengaharapkan saran serta keritik agar kami dapat
lebih memperdalam pengalaman dalam membuat makalah, kami berharap makalah yang
kami buat dapat memberikan banyak manfaat serta informasi untuk pembaca
Jakarta, 29 Desember 2018
Penulis
BAB 1
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Software
Software adalah program komputer yang
menjadi jembatan antara pengguna dengan perangkat keras. Ia juga dapat
didefinisikan sebagai sebuah aplikasi yang tersusun dari sekumpulan kode-kode
bahasa pemrograman. Menurut sumber lain, software merupakan suatu data yang
diprogram serta disimpan secara digital dan tidak berwujud, namun berada di
dalam komputer. Ada pula yang menyebutkan bahwa software ialah kumpulan
data-data elektronik berupa program atau instruksi yang disimpan dan dikelola
oleh komputer.
Software sendiri dibuat oleh seorang
programmer dengan bahasa pemrograman tertentu yang selanjutnya dikompilasi
hingga menjadi sebuah kode yang dapat dikenali oleh hardware. Ia dibuat untuk
memudahkan pekerjaan manusia, misalnya untuk menghitung, membuat dokumen,
mengolah gambar dan lain-lain.
MAKSUD DAN TUJUAN PEMBUATAN SOFTWARE
Tulisan di atas hanya pengertian dari software
jadi inti nya kelompok kami ingin membuat bisnis dengan cara berjualan sebuah
software, yang tentu nya akan mempermudah bagi pengguna nya untuk menyelesaikan
sebuah pekerjaan,yang sebelum nya tidak menggunakan software tetapi dengan
manual.
Contoh nya saja dari sebuah warung, bila
warung menggunakan cara manual untuk menghitung pemasukan dan pengeluaran dari
sebuah barang yang di jual dan di beli maka cara manual akan memakan waktu yang
lama dan pasti sering terjadi kesalahan, dan pasti Perlu pemeriksaan
berkali-kali hingga menghasilkan laporan keuangan. Lain hal nya bila sebuah
warung menggunakan sebuah software , barang yang terjual dan yang di beli akan
mudah untuk di pantau , dan jumlah ketersediaan barang pun dapat di tampilkan
secara langsung, dan laporan keuangan akan langsung jadi sejak input transaksi.
Jadi kami ingin menjual sebuah software
yang telah kami buat yang di dalam software tersebut terdapat:
1. Input Penjualan
Di mana di dalam Input
penjualan terdapat tanggal pembelian,nama barang yang di beli,Jumlah Barang
yang di Beli dan Harga yang akan di bayarkan.
2. Laporan Penjualan
Di dalam laporan
penjualan, barang yang terjual dan di beli akan dapat di tampilkan secara
langsung, dan juga ketersediaan barang tanpa harus mengecek barang secara
manual.
3. Grafik Laba Rugi
Dalam Grafik ini akan
menampilkan Pendapatan,Pengeluaran dan Keuntungan Secara langsung, tanpa harus
menghitung secara manual,
4. Analisa Rasio Keuangan
Di sini akan menampilkan
perbandingan antara keuntungan dan kerugian setiap bulan nya.
BAB 2
ISI
RENCANA PEMASARAN
Target
penjualan software kami yaitu warung warung tradisional karna di rata-rata warung yang ada di Indonesia masih
menggunakan cara manual dalam proses nya, dan membutuhkan waktu yang lama dan
pasti banyak terjadi kesalahan saat proses perhitungan nya, bahkan banyak juga
warung yang mengalami bangkrut di karna kan salah saat menghitung ke untungan
dan kerugian.
Dan sebelum kami memulai usaha kami kami
perlu membuat Manajement risiko. Manajemen risiko adalah suatu pendekatan
terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan
ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan
strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan
pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya.
Risiko berhubungan dengan ketidakpastian.
Ketidakpastian ini terjadi oleh karena kurang atau tidak tersedianya cukup
informasi tentang apa yang akan terjadi.
Sesuatu yang tidak pasti (uncertain) dapat
berakibat menguntungkan atau merugikan.menurut Wideman, ketidak pastian yang
menimbulkan kemungkinan menguntungkan dikenal dengan istilah peluang
(Opportunity), sedangkan ketidak pastian yang menimbulkan akibat yang merugikan
dikenal dengan istilah risiko (Risk).
Secara umum risiko dapat diartikan sebagai
suatu keadaan yang dihadapi seseorang atau perusahaan dimana terdapat
kemungkinan yang merugikan. Bagaimana jika kemungkinan yang dihadapi dapat
memberikan keuntungan yang sangat besar sedangkan kalaupun rugi hanya kecil
sekali? Misalnya membeli loterei. Jika beruntung maka akan mendapat hadiah yang
sangat besar tetapi jika tidak beruntung uang yang digunakan membeli loterei
relatif kecil.Apakah ini juga tergolong Risiko? jawabannya adalah hal ini juga
tergolong risiko. Selama mengalami kerugian walau sekecil apapun hal itu
dianggap risiko.
Langkah berikutnya adalah menentukan apa
yang harus dilakukan pada tiap risiko, sehingga kita dapat menanganinya dengan
baik. Dalam dunia manajemen risiko, ada empat strategi utama:
1. Menghindarinya
Contoh menghindari dari sebuah usaha yang
kami buat adalah kami akan menjual software hanya luar nya saja tanpa pembeli
tau peroses dari sebuah aplikasi yang mereka gunakan. Jadi pembeli hanya dapat
menggunakan aplikasi saja . pembeli bahkan tidak tau Bahasa dan kodingan yang
kami gunakan .
2. Menguranginya
Maksud mengurangi dalam bisnis kami yaitu
mengurangi risiko terjadi nya hal hal yang tidak di inginkan contoh nya saja
penjualan aplikasi dari pihak ketiga oleh karna itu kami akan memberikan kode
lisensi dari setiap software yang telah terjual jadi software tidak bisa di
copas karna saat masuk kedalam software
memerlukan akses masuk yaitu kode lisensi jadi software tidak dapat di
gandakan.
3. Menerimanya.
Maksud menerima resiko di sini adalah kami
memberikan Garansi setaun penggunaan dari pembelian sebuah software dan bila
sebuah software rusak atau tidak bekerja dengan baik kami akan memberikan
software yang baru . Karna bisa saja sebuah software akan rusak di karna kan
sebuah virus.
4. Mengurangi
Maksud mengurangi di atas yaitu kami memberikan diskon harga saat
promosi awal atau memamerkan keunggulan-keunggulan dan keuntungan dari penggunaan
software yang kami buat agar pembeli akan tertarik dan membeli software kami dan
bila sudah mencapai target yang cukup kami akan menaikan harga dari software
yang kami buat.
Dan bila sudah melakukan empat strategi dasar di atas tahap selanjut nya
adalah menunggu ke untungan atau kerugian karna sebuah usaha banyak yang
mempengaruhi sebuah ke berhasilan dan kegagalan karna banyak sekali resiko yang
datang secara tiba tiba dan sulit untuk mengatasi nya dan bahkan tidak tau
bagai cara untuk mengatasi nya. Cara yang terbaik adalah terus berusaha dan
belajar dari sebuah kegagalan, karna tidak ada ke suksesan yang tanpa ada nya
kegagalan.
PENUTUP
KESIMPULAN
Software yang kami buat bertujuan
untuk mempermudah para pemilik toko untuk menghitung hasil kerugian maupun
keuntungan secara otomatis dan akurat agar dapat meminimalisir kesalahan dalam
penghitungan yang dilakukan secara manual, effisiensi dalam perhitungan
menggunakan software kamu juga sangat tepat dan dapat menyimpan hasil secara
otomatis.
Komentar
Posting Komentar